twitter
rss

PENGENDALIAN : TUJUAN, ANCAMAN, DAN PROSEDUR


Di dalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai:
  1. Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.
  2. Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).
  3. Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat.
  4. Semua transaksi dicatat dengan akurat.
  5. Aset (kas, persediaan, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.
  6. Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.



A. Masalah-masalah Umum Pengendalian Internal
Dari penjelasan diatas maksudnya adalah dalam suatu pekerjaan pasti ada saja trouble yang ada pada customer, pada tahap ini saya menjelaskan hanya internalnya saja
yakni:
Ancamannya adalah Kehilangan data, Kinerja yang buruk.
adapun prosedur pengendalian yang dapat diterapkan dalam hal ini, dalam kehilangan data yang dapat dilakukan adalah prosedur cadangan artinya kita harus mempunyai backup an data agar tidak terjadi kesalahan yang fatal jika data hilang.
kemudian ancaman yang terjadi pada kinerja yang buruk dapat dilakukan prosedur persiapan dan tinjauan laporan kinerja artinya jika kita memilih orang yang akan kita pekerjakan seharusnya kita lihat dulu secara mendalam,agar terlihat skills yang ada pada diri orang tersebut,nah disitulah dapat dikatakan sebagai prosedur persiapan.
jika sudah melakukan prosedur tersebut selanjutnya kita tinjau bagaimana kinerjanya, apakahmemenuhi syarat yang berlaku atau tidak. Karena hal ini sangatlah penting dilakukan jika kita ingin mendapatkan tenaga profesional.
B. Pertimbangan Pengendalian Internal
> Entri pesanan penjualan <
ANCAMAN :
  1. Pesanan pelanggan tidak lengkap atau tidak akurat.
  2. Penjualan kredit memiliki catatan kredit yang buruk.
  3. Legitimasi pesanan.
  4. Habisnya persediaan, biaya penggudangan dan diskon.
PROSEDUR PENGENDALIAN :
  1. Pemeriksaan edit entri data.
  2. Persetujuan kredit oleh bagian kredit.
  3. Tanda tangan dokumen.
  4. Sistem pengendalian persediaan.
> Penagihan dan piutang usaha <
ANCAMAN :
  1. Kegagalan menagih pelanggan.
  2. Kesalahan dalam penagihan.
  3. Kesalahan dalam memasukan data ketika memperbaharui piutang.
PROSEDUR PENGENDALIAN :
  1. Pemisahan fungsi pengeriman dan penagihan.
  2. Pemberian nomer dokumen pengiriman secara periodic.
> Pengiriman <
ANCAMAN :
  1. Kesalahan pengiriman.
  2. Pencurian persediaan.
PROSEDUR PENGENDALIAN :
  1. Rekonsiliasi pesanan penjualan dengan kartu dan slip pengepakan.
  2. Pengendalian aplikasi entri data.
  3. Batasi akses fisik kepersediaan.
> Penagihan kas  <
ANCAMAN :
   1. Pencurian kas
PROSEDUR PENGENDALIAN : 
   1. Pemisahan tugas.
   2. Rekonsiliasi periodik laporan bank




Sumber:
 http://rizkimunazarmzr11.blogspot.co.id/2017/01/43-pengendalian-tujuan-ancaman-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar