twitter
rss

PERBEDAAN ITIL DAN COBIT


ITIL adalah :

  • ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI).
  • Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang Office of Government Commerce(OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik (best practice) penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi (TI).


Sedangkan COBIT adalah :


  • COBIT (Control Objective for Information & Related Technology) adalah sekumpulan dokumentasi best practice untuk ITGovernance yg dapat membantu auditor, pengguna (user), dan manajemen, untuk menjembatani gap antara resiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan masalah-masalah teknis IT (Sasongko, 2009)
  • COBIT mendukung tata kelola TI dengan menyediakan kerangka kerja untuk mengatur keselarasan TI dengan bisnis. Selain itu, kerangka kerja juga memastikan bahwa TI memungkinkan bisnis, memaksimalkan keuntungan, resiko TI dikelola secara tepat, dan sumber daya TI digunakan secara bertanggung jawab (Tanuwijaya dan Sarno, 2010).


Perbedaan antara ITIL dan COBIT menurut kami adalah ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik (best practice) penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi (TI), sedangkan COBIT merupakan sekumpulan dokumentasibest practiceuntuk ITGovernanceyg dapat membantu auditor, pengguna (user), dan manajemen, untuk menjembatani gap antara resiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan masalah-masalah teknis IT. Jadi perbedaannya dari segi kegunaannya.





NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
  1. BIANCA AYU SARASWATI (1B117083)
  2. DHINDA AFSARYNA AWANYS (1B117093)
  3. FRANSISKA CIANY DJARO (1B117167)
  4. RAHMAH YULIANA (1B117174)
  5. ZHYKRAH LATIEF (1B117166)

0 komentar:

Posting Komentar