CONTOH APLIKASI SISTEM PAKAR
Sistem pakar merupakan cabang dari Artificial Intelligence (AI) yang memungkinkan sistem untuk mengadopsi ilmu-ilmu yang dimiliki oleh seorang pakar. Dengan demikian pada sistem pakar memungkinkan kita untuk layaknya berinteraksi dengan seorang pakar.
Ide awal dari sistem pakar metode CBR (Case Based Reasoning) adalah melakukan adaptasi solusi yang pernah digunakan untuk memecahkan masalah lama dan menggunakan lagi solusi tersebut untuk masalah yang baru. Pada aplikasi ini kami mengambil contoh kasus untuk Konsultasi Gangguan Psikologis dengan kriteria dan jenis penyakit yang dapat diubah ataupun ditambah untuk disesuaikan dengan kebutuhan (Aplikasi bersifat dinamis) sehingga dapat diubah dengan mudah untuk digunakan di berbagai kasus Sistem Pakar yang lain.
Alur kerja sistem pakar metode CBR
- Klik menu Konsultasi.
- Isi nama anda pada form yang tersedia, kemudian klik lanjutkan.
- Setelah itu pilih gejala yang sesuai dengan kondisi anda (gejala fisik, gejala emosional, gejala sikap, gejala pikiran), jika sudah klik lanjutkan.
- Anda akan melihat hasil konsultasi disertai dengan solusi dari penyakit anda.
- Selesai.
User akses aplikasi sistem pakar
Ada 2 (dua) jenis user yang dapat menggunakan aplikasi sistem pakar metode CBR dengan studi kasus konsultasi gangguan psikologis ini, yaitu :
Ada 2 (dua) jenis user yang dapat menggunakan aplikasi sistem pakar metode CBR dengan studi kasus konsultasi gangguan psikologis ini, yaitu :
- Administrator
Dengan menggunakan user administrator anda dapat mengelola data-data yang ada seperti data gejala, data solusi, data penyakit, data kasus, dan lain sebagainya. - Pasien
User pasien merupakan user yang hanya dapat melakukan konsultasi pada aplikasi sistem pakar metode CBR ini.
SUMBER: https://www.sarjanakomedi.com/2017/12/24/aplikasi-sistem-pakar-metode-cbr/