twitter
rss

KELEBIHAN & KEKURANGAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE

Tren ojek online mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan ini seiring meningkatnya kebutuhan akan transportasi yang cepat di berbagai kota. Kemudahan dan kecepatan waktu pesan ojek via online serta kecepatan waktu tempuh (travel time) menjadi faktor kunci banyaknya peminat ojek online.
Selain itu, kepastian dan murahnya tarif menjadi daya tarik yang mampu memikat ribuan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi ini. Meskipun begitu, ojek online juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibalik fasilitasnya. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan tersebut?

1. Hemat waktu dan tenaga

Naik angkot memang bertarif murah, akan tetapi, jika harus berangkat pagi-pagi buta hanya demi kenyamanan, itu jelas melelahkan. Selain itu, tidak jarang supir angkot yang mengemudikan mobilnya dengan kebut-kebutan. Bukan hanya tidak nyaman, tetapi juga menjadi tidak aman.
Ketika bepergian di dalam kota, anda tidak akan untuk menggunakan ojek online. Karena sudah pasti ojek online dapat lebih cepat membawa anda (driver) ke tujuan. Anda hanya perlu duduk membonceng di belakang, dan tidak berdesak-desakan. Lebih cepat menempuh tujuan, dan tidak merasa pegal-pegal.

2. Bisa dibayar non-tunai
Salah satu keunggulan transportasi online adalah memiliki sistem pembayaran non-tunai yaitu dengan menggunakan kartu kredit maupun e-cash. Seperti yang dimiliki Gojek dan Grab. Anda hanya perlu memastikan saldo kredit yang dimiliki cukup untuk pembayaran.
Sementara itu, jika anda menggunakan Uber, anda hanya perlu mendaftarkan nomor kartu kredit anda sebagai alat pembayaran. Ketika menggunakan jasa driver ojek online tersebut, maka biaya transportasi akan langsung ditagihkan ke kartu kredit. Praktis, bukan? Tidak perlu membawa duit banyak. Dompet anda juga jadi lebih simple pastinya, dan lebih efisien karena setelah turun dari motor atau mobil dari ojek online tidak perlu membayar lagi.
Dan khusus Gojek, para driver malah memberikan diskon apabila anda melakukan pembayaran dengan GoPay. Jadi, keuntungannya menjadi double.

3. Jika membayar menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan promo cashback
Hal ini juga merupakan nilai plus dari transportasi online khususnya Uber yang mempunyai periode hingga Oktober 2017. Jika anda menggunakan kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum dan Mastercard Titanium, anda bisa mendapatkan cashback 25 persen (maksimal Rp 150.000) per bulan untuk perjalanan anda dengan Uber.
Caranya gampang, hanya tinggal belanja dengan total Rp 3 juta dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit Standard Chartered di mana saja dalam satu bulan. Jika anda belum menginstall Uber, install sekarang dan anda akan mendapatkan 2 free ride. Promo ini berlaku secara internasional!

4. Semakin sering digunakan, semakin sering juga dapet diskon
Semakin sering digunakan, aplikasi transportasi online pun akan memberikan diskon untuk anda. Seperti Gojek yang terkadang menambah saldo GoPay anda secara otomatis atau Uber dengan diskonnya setiap perjalanan di hari tertentu, dan lainnya.
Oleh karena itu, tidak usah khawatir untuk anda yang ingin order setiap hari. Karena pasti akan ada diskon yang menanti anda di hari-hari yang akan datang. Atau, jika anda merasa tidak terlalu butuh untuk naik transportasi online di hari tertentu, anda bisa menggunakannya untuk orang lain. Misalnya, saat rekan anda ingin menuju stasiun kereta, melakukan order dapat dilakukan melalui akun milik anda saja. Tujuannya agar akun anda tetap aktif digunakan. Itulah yang akan dideteksi oleh platform, dan akhirnya anda mendapatkan diskon lagi.

5. Transportasi online punya program loyalitas pelanggan
Tidak hanya diskon, tetapi mereka pun punya program loyalitas pelanggan. Contohnya, Gojek yang saat ini menerapkan sistem point rewards tersendiri setiap anda selesai melakukan transaksi dengan GoPay. Grab juga menerapkan program yang sama.
Anda akan disuruh bermain undian untuk mendapatkan poin. Dan poin-poin yang anda kumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik, mulai dari voucher hingga sepeda motor. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, otomatis semakin besar pula nilai hadiah yang bisa anda dapat.


Sumber :
https://www.dictio.id/t/apa-sajakah-kelebihan-dan-kekurangan-dari-penggunaan-ojek-online/14319/2

0 komentar:

Posting Komentar